5 Masakan Ini Ternyata Berasal dari China

17 February 2016

Makanan ini tentunya dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia,berbagai rasa dan berbagai macam cara penyajiannya tentu mencerminkan kekhasan tersendiri, dan siapa sangka beberapa makanan ini berasal dari China. Ingin tahu? Ini beberapa makanan yang dapat ditemukan di tiap daerah tersebut.


1. Bakpao
Di Indonesia makanan ini sangat enak apalagi disajikan dalam keadaan panas, bakpao juga salah satu makanan yang berasal dari China, disebut bakpao di Indonesia karena serapan bahasa Hokkian yang artinya adalah bungkusan (pao) yang berisi daging (bak). Pada umumnya di China berisi daging babi, tetapi di Indonesia sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa diterima di masyarakat, seperti bakpao isi coklat, kacang tanah, selai kacang kedelai, hingga sayuran.


2. Siomay
Di China siomay dibuat dari daging babi yang dicincang dan dibungkus dengan kulit tipis yang terbuat dari tepung terigu. Biasanya dibuat dengan udang, daging kepiting atau daging sapi dengan taburan telur kepiting kacang polong atau parutan wortel diatasnya. Di Indonesia siomay dibungkus dengan kulit pangsit yang mempunyai varian isi seperti daging ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dengan udang.


3. Kwetiau
Mie berwarna putih dan pipih inilah yang disebut kwetiau. Di Asia Tenggara, Indonesia, Singapura dan Malaysia contohnya, kebanyakan mengolah kwetiau ini dengan cara digoreng. Jika di Indonesia dikenal dengan kwetiau goreng, di Singapura dan Malaysia lebih dikenal dengan Char Kway Teow. Kwetiau sendiri ada beberapa pilihan dalam mengolahnya, di Kalimantan umumnya membuat kwetiau goreng dengan memberi daging sapi, jeroan, dan babat sapi sebagai pelengkap, itulah sebabnya dikenal dengan nama Kwetiau Sapi. Sementara di Sumatra terbiasa mengolah kwetiau dengan campuran baso ikan, lapchiong (sosis babi) dan telur bebek.


4. Mihun atau Bihun
Bihun kerap dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok yaitu beras. Bihun sendiri juga menjadi makanan sehari-hari di China, “bi” yang artinya beras dan “hun” yang memiliki arti tepung memiliki kesamaan di Indonesia maupun di China, sama-sama terbuat dari tepung beras. Makanan ini sering disajikan dengan campuran udang ataupun daging ayam, kubis, wortel dan cabai hijau.

5. Lumpia
Lumpia adalah jajanan tradisional masyarakat China. Lumpia atau yang sering dieja dengan ejaan lun pia terbuat dari lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit dengan isian rebung, telur, sayuran segar, daging atau makanan laut. Di Indonesia makanan ini juga terdapat berbagai variasi di daerah satu dengan daerah lain, lumpia Semarang contohnya.

Naskah: Dian Permatasari
Sumber: http://www.travelesia.co/2014/06/masakan-china-yang-populer-di-indonesia.html